Felicia's Blog

Life for me is....

Saturday, 25 July 2009

Kalau bener manusia bisa mikir….

Belakangan ini, perkembangan dunia semakin gila aja. Dari zamannya telepon genggam yang segede bata, sampai sekarang, telepon genggam dibuat sedemikian tipis supaya praktis. Dari zamannya hape cuma buat teleponan sama smsan, sampai bisa buka internet dan nge-browse dunia maya hanya dengan bermodalkan sebuah henpon mini. Beneran deh, perkembangan teknologi itu gila bgt! Sampe sikat gigi pun ada yang otomatis bergetar sendiri!

Sementara ilmuwan asyik bermain dengan iptek dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kepraktisan dan kenikmatan hidup, ilmuwan lainnya yang berurusan dengan alam dan sekitarnya bingung dan gundah durjana. Walaupun teknologi sekarang udah terlalu gila dan luar biasa hebat, betapa banyak kerusakan alam yang ditimbulkannya dan dari kelalaian manusia yang menyalahgunakannya.

Hape yang dipuji” dan dipuja baik oleh anak”, remaja, ABG sampai AUG (Anak Udah Gede) a.k.a orang dewasa, ternyata punya dampak buruk bagi pemakainya. Walaupun sifatnya berkala, alias ngga langsung “menyerang”, radiasi yang ditimbulkan hape itu bisa jadi bahaya buat badan kita, manusia. FYI, Papa gw udah jadi pengguna hape slama 10 tahun lebih, dan dia pake itu buat bisnis (edit: sebuah keharusan). Setiap hari dia nerima ratusan telepon dari kliennya. Waktu awal” gejalanya ngga nampak, tapi belakangan papa gw jadi sering sakit kpala kalo udah nerima telepon yang durasinya lama. Belakangan ini gw juga begitu....

AC yang selama ini jadi “kipas-paling-adem-sedunia” juga ternyata mengundang bencana. CFC yang keluar dari AC bisa merusak ozon yang ujung”nya jadi kejadian yang namanya global warming. (Ironis emang, AC yang dipake buat ngademin ternyata bisa jadi oven ntarnya…)Mobil, motor, semuaaaaa barang” praktis yang kita punya ternyata bisa mengundang global warming….

Nah, yang bikin gw heran adalah sikap manusia pada hal” di atas…. Betapa kita ngga peduli dan ngga mau ambil pusing untuk menyelamatkan bumi kita atau bahkan diri kita sendiri! Buang sampah sembarangan lantaran tong sampahnya jauh, buka AC terus”an dari pagi sampe mlm, telpon”an sampe 2 jam, ngga ada yang peduli sama bumi bahkan pada kesehatan sendiri! Kita ngga bisa mikir kalo itu tuh berakibat buruk padahal kita udah baca hal” di atas bahkan secara lengkap dan gamblang mengenai kerusakan yang bakal timbul dari hal” yang kita lakukan.

Beberapa contoh pikiran manusia yang mengusik gw otak gw untuk mengomel:
“Cape emang jadi manusia…. Binatang sih, kalo udah ngga ada makanan, ngga usah mikir, mreka bakal menderita sebentar trus tinggal mati deh… Kalo udah punah akhirnya manusia yang mikirin mreka…. Ujung”nya manusia lagi yang mikir. Huh!!”

Orang yang punya pikiran kaya yang di atas tuh sama dengan orang bego.

“Cih! Global warming apaan?! Kemerosotan kesehatan apaan?! Halah, paling cuma guyonan ajah…. Gw sih ngga abis pikir, mana ada ozon bisa rusak cuma gara” AC? Mana ada manusia bisa sakit cuma gara” ngehirup gas knalpot?”

Orang yang punya pikiran kaya di atas brarti orang tolol.

“Yah, tenang aja… Ilmuwan udah ngatasin ini. Tugas mereka kan emang buat neliti yang kaya gini, trus melakukan observasi, trus mencoba”, trus menggali lebih dalam pokok masalahnya, trus keluar deh tuh solusi! Ngga usahlah gw mikirin global warming….”

Orang yang punya pikiran kaya di atas berarti mau cepet mati.

“Yaaah, udah kodratnya toh? Manusia sama bumi kan ngga akan kekal. Pasti ntar juga kiamat, peduli amatlah… Gw udah siap mati kok.”

Mati aja sndiri! Orang lain mau idup, gobl*k!

“Lingkungan kan bukan cuma punya gw, biarin aja orang lain duluan yang kerjain semua yang disarankan ilmuwan ituh.. Ntar kalo udah, gw tinggal niru.. Beres kan?”

Lah iya kalo ada orang lain yang kerja duluan. Kalo orangnya sama kaya lo gimana?


Jadi inilah yang gw maksud… Kalo manusia emang bisa mikir, cobalah untuk memahami arti dari global warming dan kesehatan sendiri, jangan cuma mau enaknya aja…. Kita hidup bersama sebagai manusia, emang kita ada batasnya, manusia bisa salah… Tapi yang namanya kesalahan itu kan bisa jadi motivasi. Kita bisa mulai dari buang sampah yang bener aja dulu.. Ngga usah mikir terlalu jauh soal global warming, mulailah dari kesehatan sendiri trus setelah itu semuanya bakal nyambung ke pencegahan global warming dan berakhir pada sesuatu yang baik. ^_^

Inilah hasil pemikiran gw mengenai manusia (termasuk diri gw sndiri yg sring buang sampah smbarangan n ngga peduli lingkungan)....

0 comments:

Post a Comment

Thank you...